" Membangun Strategi layanan manajemen SI Untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Masyarakat "



  Strategi layanan dari setiap penyedia layanan harus didasarkan pada kebutuhan konsumen dan oleh sebab itu layanan yang disediakan harus memberi manfaat yang cukup untuk pelanggan. Hal ini diperlukannya  penyedia layanan untuk memahami konteks yang lebih luas dari saat ini dan potensi pasar tempat beroperasi penyedia layanan, atau mungkin ingin beroperasi di dalamnya. Strategi Layanan Manajemen Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan. yang dimana bertujuan untuk mengalahkan para pesaingnya dan mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya

Terdapat 4 Strategi antara lain :
1) Strategi sebagai Perspective
Ini   berhubungan   dengan   pandangan,   tujuaan   dan   pilosopi   penyedia   layanan   IT   untuk melakukan bisnis dengan konsumen
2) Strategi sebagai Position
 Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layananyang   diberikan   (contoh:   kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
3) Strategi sebagai Plan
ini mendeskripsikan strategi sebagai  planning  yang menunjukkan bagaimana  penyedialayanan IT akan bergerak maju dari dimana hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
4) Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan

Service strategi ada 5 yaitu :
1) Business Relationship Management
Untuk mempertahankan hubungan positif dengan konsumen. Business Relationship Management mengidentifikasi kebutuhan konsumen  yang ada dan  memastikan bahwa layanan yang sesuai dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
2) Strategy Management for IT Services
Untuk menilai penawaran, kapabilitas, pesaing penyedia layanan serta ruang pasar saat ini dan potensial untuk mengembangkan strategi untuk melayani pelanggan. Setelah strategi telah ditetapkan, Manajemen Strategi untuk Layanan TI juga bertanggung jawab untuk memastikan implementasi strategi.
3) Service Portfolio Management
Memastikan bahwa penyedia layanan memiliki layanan yang tepat untuk memenuhi hasil bisnis yang diperlukan pada tingkat investasi yang sesuai.
4) Financial Management for IT Services
Untuk mengelola persyaratan penganggaran, akuntansi, dan pengisian dari penyedia layanan
5) Demand Management
Untuk memahami, mengantisipasi, dan memengaruhi permintaan konsumen akan layanan. Manajemen Permintaan bekerja dengan Manajemen Kapasitas untuk memastikan bahwa penyedia layanan memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi permintaan yang diperlukan.


Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi antara lain :
1)  Mendukung Operasional Bisnis
Manajemen layanan sistem informasi telah menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan masyarakat sehari-hari.
2) Mendukung Keunggulan Strategis
Sistem informasi yang telah dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran yang dapat membantu individu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.
3) Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Perencanaan Strategi Perusahaan dilakukan untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.
4) Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi.
5) Meningkatkan Efisiensi Kerja
Manajemen layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

  Dalam era pandemik ini kualitas pelayanan meningkat  khususnya pada kemasyarakatan terutama pada bidang kesehatan. Sebagai contohnya adalah Halodoc sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan untuk berkonsultasi dengan para dokter. Dalam era pandemik ini tentu Halodoc akan sangat berguna dari segi kebutuhan konsumen. Bukan hanya digunakan sebagai konsultasi Halodoc menyediakan pembelian obat/vitamin secara online dengan pilihan yang sangat banyak dan dapat diantarkan kerumah,halodoc juga telah bekerja sama dengan apotek yang cukup banyak.

Daftar Pustaka :
https://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/ITIL_Service_Strategy
https://shavirapv.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/



Komentar