Strategi layanan dari setiap penyedia
layanan harus didasarkan pada kebutuhan konsumen dan oleh sebab itu layanan
yang disediakan harus memberi manfaat yang cukup untuk pelanggan. Hal ini
diperlukannya penyedia layanan untuk
memahami konteks yang lebih luas dari saat ini dan potensi pasar tempat
beroperasi penyedia layanan, atau mungkin ingin beroperasi di dalamnya. Strategi
Layanan Manajemen Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem
informasi(SI) yang secara terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap
bisnis perusahaan. yang dimana bertujuan untuk mengalahkan para pesaingnya dan
mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya
Terdapat 4 Strategi antara lain :
1) Strategi sebagai Perspective
Ini berhubungan dengan
pandangan, tujuaan dan
pilosopi penyedia layanan
IT untuk melakukan bisnis dengan
konsumen
2) Strategi sebagai Position
Ini mendeskripsikan strategi dalam
kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam layananyang diberikan
(contoh: kualitas tinggi atau
harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
3) Strategi sebagai Plan
ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedialayanan IT akan bergerak maju dari dimana
hari ini menuju ke tujuan yang diinginkan
4) Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil
keputusan
Service strategi ada 5 yaitu :
1) Business Relationship Management
Untuk mempertahankan hubungan positif dengan konsumen. Business
Relationship Management mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang ada dan memastikan bahwa layanan yang sesuai
dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
2) Strategy Management for IT Services
Untuk menilai penawaran, kapabilitas, pesaing penyedia layanan serta ruang
pasar saat ini dan potensial untuk mengembangkan strategi untuk melayani
pelanggan. Setelah strategi telah ditetapkan, Manajemen Strategi untuk Layanan
TI juga bertanggung jawab untuk memastikan implementasi strategi.
3) Service Portfolio Management
Memastikan bahwa penyedia layanan memiliki layanan yang tepat untuk memenuhi
hasil bisnis yang diperlukan pada tingkat investasi yang sesuai.
4) Financial Management for IT Services
Untuk mengelola persyaratan penganggaran, akuntansi, dan pengisian dari
penyedia layanan
5) Demand Management
Untuk memahami, mengantisipasi, dan memengaruhi permintaan konsumen akan
layanan. Manajemen Permintaan bekerja dengan Manajemen Kapasitas untuk
memastikan bahwa penyedia layanan memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi
permintaan yang diperlukan.
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi antara lain :
1) Mendukung Operasional Bisnis
Manajemen layanan sistem informasi telah menyediakan dukungan dalam operasional
bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun
kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan masyarakat sehari-hari.
2) Mendukung Keunggulan Strategis
Sistem informasi yang telah dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai
sasaran yang dapat membantu individu bersaing dengan perusahan-perusahaan
lainnya.
3) Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Perencanaan Strategi Perusahaan dilakukan untuk mengetahui selera konsumen
serta peluang pasar.
4) Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi para pengguna
Manajemen Layanan Sistem Informasi.
5) Meningkatkan Efisiensi Kerja
Manajemen layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam
transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk
atau pelayanan mereka.
Dalam era pandemik
ini kualitas pelayanan meningkat khususnya
pada kemasyarakatan terutama pada bidang kesehatan. Sebagai contohnya adalah
Halodoc sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan untuk
berkonsultasi dengan para dokter. Dalam era pandemik ini tentu Halodoc akan
sangat berguna dari segi kebutuhan konsumen. Bukan hanya digunakan sebagai
konsultasi Halodoc menyediakan pembelian obat/vitamin secara online dengan
pilihan yang sangat banyak dan dapat diantarkan kerumah,halodoc juga telah
bekerja sama dengan apotek yang cukup banyak.
Daftar Pustaka :
https://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/ITIL_Service_Strategy
https://shavirapv.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/
Komentar
Posting Komentar