"Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi dan Implementasinya"


   Pada era ini teknologi sedang berkembang pesat-pesatnya yang dimana setiap individu pasti cukup mengenal dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi. Apa itu? sebelum ke pembahasan yang pertama kita harus mengenal Sistem Informasi itu terlebih dahulu.Sistem adalah kumpulan  dari  komponen-komponen  yang  memiliki unsur  keterkaitan  antara  satu  dan  lainnya.  Sistem  informasi  merupakan  suatu  kumpulan dari  komponen-komponen  dalam  perusahaan  atau  organisasi  yang  berhubungan  dengan proses  penciptaan  dan  pengaliran  informasi.
   Jadi dapat disimpulkan Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah Suatu metode pengelolaan sistem pada suatu organisasi ataupun perusahaan yang dapat mempermudah penggunanya.
Tidak dipungkiri bahwa setiap perusahaan atau organisasi bahkan pemerintah telah menggunakannya yang dimana itu dapat menambah kualitas pengelolaan lebih baik dan lebih effisien dalam waktu dan penggunaannya.
   Manajemen Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya. Disiplin tersebut tidak memperdulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi, melainkan disiplin tersebut memfokuskan pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis Teknologi Informasi dengan pengguna Teknologi Informasi.

   Dibalik beberapa Keuntungan tentu saja ada resiko yang akan merugikan penggunanya
1)Kerusakan internal sistem/jaringan TI PABX, ACD, dll.
2)Kerusakan eksternal sistem/jaringan IT, seperti server
3)Kehilangan data
4)Ketidaktersediaan Staff teknik atau pendukung
   Peran Manajemen Layanan Sistem Informasi Pada Kehidupan :
1) Mempermudah dalam melakukan kegiatan Bisnis
2) Meningkatkan Akses Data Cepat
3) Efisiensi Dalam Pengerjaan

  Dan contoh dari implementasinya adalah pada bidang kesehatan yaitu HaloDoc. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah dalam mencari obat dan bahkan pengguna tidak perlu antre untuk mendapatkan obat tersebut dan langsung diantarkan kerumah,bukan hanya itu saja pengguna dapat berkonsultasi langsung oleh para dokter tentang penyakit yang dideritanya dan HaloDoc menyediakan informasi tentang beberapa rumah sakit yang  terdekat dengan pengguna hal ini tentu memudahkan para pengguna dalam menjaga kualitas hidup sehat dan bersih agar terhindar dari berbagai virus

 Sumber
http://thiodoris.blogspot.com/2017/06/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/34565295/Manajemen_Sistem_Informasi.pdf?response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DPENGA_N_TA_R_KONSEP_DASAR_I_I_N_FO_R_M_A.pdf&X-Amz-
http://rizkibagjam.blogspot.com/2018/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
https://shavirapv.wordpress.com/2017/03/19/pengertian-manfaat-dan-peranan-manajemen-layanan-sistem-informasi-bagi-lingkungan-sekitar/

Komentar