Inovasi
adalah sebuah ide yang belum ada sebelumnya
yang berdasarkan apa yang diteliti oleh seorang innovator yang membuat ide
tersebut menjadi suatu terobosan yang mempengaruhi orang banyak
Inovasi adalah proses kreatif dalam
memilih, mengorganisasi, dan memanfaat-kan sumber daya
manusia dan material dalam cara-cara baru atau
dan unik yang akan menghasilkan pencapaian lebih tinggi untuk tujuan dan sasaran
yang telah ditetapkan. Menurut Huberasman,1973
Ciri-Ciri Inovasi
Inovasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai
berikut:
1) Memiliki
ciri khas yang artinya sebuah inovasi memiliki ciri yang khas dalam setiap
aspeknya,
2) Memiliki
ciri atau unsur kebaruan, yang artinya yaitu sebuah inovasi harus memiliki
suatu karakteristik
3) Dalam
Program inovasi ini dilakukan lewat program yang terencana, yang artinya bahwa
suatu inovasi dilakukan lewat suatu bentuk proses yang tidak tergesa-gesa
4) Suatu
Inovasi yang diluncurkan memiliki suatu tujuan, suatu program inovasi yang
dilakukan harus memiliki arah kemana tujuannya dan target yang ingin dicapai.
Kemampuan Berinovasi
1) Penemuan
adalah penemuan produk maupun jasa yang benar-benar baru
2) Penggandaan
adalah melakukan replikasi terhadap kemampuan yang ada
3) Pengembangan
adalah pemanfaatan atau penerapan pada suatu proses barang dan jasa
Teknologi
Teknologi merupakan perkembangan dari suatu alat tertentu yakni menggunakan alat dari cara lama menjadi cara yang lebih baru dan sederhana karena adanya penemuan-penemuan metode baru dengan prinsip pengetahuan. Dalam bidang apapun baik dari segi pertanian dan kesehahatan serta pendidikan dan industry
Teknologi merupakan perkembangan dari suatu alat tertentu yakni menggunakan alat dari cara lama menjadi cara yang lebih baru dan sederhana karena adanya penemuan-penemuan metode baru dengan prinsip pengetahuan. Dalam bidang apapun baik dari segi pertanian dan kesehahatan serta pendidikan dan industry
New Technology ( Teknologi Baru)
New technologi merupakan suatu teknologi yang
baru atau menerapkan sesuatu yang baru dan dikenalkan pertama kali dalam
situasi baru kepada masyarakat.
Teknologi
tersebut tidak harus baru kepada dunia, teknologi tersebut bisa saja menjadi
pengembangan tahun lalu dan digunakan orang lain. Nah, jika teknologi baru
diperkenalkan untuk pertama kali dalam situasi baru, maka itu bisa disebut
teknologi baru.
Contohnya
seperti perangkat lunak komputer baru diperkenalkan untuk mengembangkan gambar
teknik dengan begitu menggantikan draft manual. lainnya, situs web internet
dirancang untuk menjual produk perusahaan. Dan lain lain.
Penerapan Informasi dan Teknologi Pada bidang
bisnis
E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara
elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer maupun handphone sebagai
perantara transaksi bisnis. Dan
yang paling dibutuhkan dalam transaksi ini adalah jaringan internet yang
menghubungkan antara produsen dengan konsumen. Tidak hanya internet tapi
televise yang menayangkan suatu iklan juga termasuk dalam
4 Perspektif E-Commerce dapat ditinjau dari :
1) Dari
perspektif komunikasi, adalah pengiriman barang,layanan,informasi atau
pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elekronik lainnya
contohnya adalah handphone
2) Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari
teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerj
3) Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi
keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan
(service cost) ketika meningkatkan kualitas barang
4) ) Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli
dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya
Penerapan
Teknologi Dalam Perdagangan
Electronic Commerce (e-commerce)
adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi
terutama internet. Internet memungkinkan pelaku usaha atau organisasi yang berada pada jarak yang
jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang terjangkau. Hal ini lantas
dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.
Ada banyak bentuk perdagangan yang dapat dilakukan secara
elektonik yang dilakukan sekarang , antara lain : SMS Banking, Internet
Banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan lain
sebagainya. Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan
baik kepada pelaku usaha maupun kepada pembeli (customer).
Dan
para pelaku usaha dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut:
1) Perusahaan
dapat berkembang secara luas
2) Efisiensi
Tepat,karena perusahaan tidak perlu membuka cabang untuk mendisitribusikan
barangnya
3) Efisiensi Biaya,mengurangi
biaya dalam hal-hal yang tidak perlu seperti penyediaan tempat yang luas
4) Pemanfaatan teknologi dapat menjangkau kepada calon pembeli diseluruh
dunia, sehingga biaya promosi akan lebih efesien.
Dan
Konsumen dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut:
1) Konsumen
tidak perlu pergi ke took
2) Menghemat
biaya transportasi dan berbelanja
3) Harga yang
ditawarkan sangat kompetitif
4) Plihan
konsumen sangat beragam
Kendala
dalam melaksanakan E-Commerce
1) Masalah
keamanan
2) Perangkat
lunak yang belum terlalu banyak berkembang
3) Tidak semua
perusahaan ikut dalam bisnis E-Commerce
Sistem
Keamanan Komunikasi E-Commerce
Sistem keamanan di dalam dunia komputer mulai menjadi
perhatian serius para peneliti dan praktisi teknologi informasi semenjak
diketemukannya teknologi jaringan komputer
Data mentah dari sebuah komputer yang dikirimkan ke komputer lain pada
dasarnya rawan terhadap “interfensi” dari pihak ketiga, sehingga diperlukan
suatu strategi khusus agar paling tidak dua hal terjadi (Kosiur, 1997):
1) Data yang dikirimkan tidak dapat secara
“fisik” diambil oleh pihak lain yang tidak berhak; atau
2) Data yang dikirimkan dapat “diambil secara
fisik”, namun yang bersangkutan tidak dapat membacanya.
Kelemahan dari
sistem
e-commerce ini adalah sebagai
berikut:
1) Karena kunci yang dipergunakan sama,
berarti masing-masing orang harus memiliki kunci yang berbeda jika ingin
berkomunikasi dengan orang lain
2) Jika secara kebetulan dua atau lebih orang
memiliki kunci yang sama, maka yang bersangkutan dapat mencuri dan
mendeskripsikan pesan orang lain; dan
3) Masalah autentifikasi juga akan menjadi
isu utama, karena si penerima belum tentu yakin bahwa si pengirim adalah orang
yang sesungguhnya.
Jenis Perdagangan E-Commerce
1) Business-to-Cunsumer
(B2C)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah
perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
Strategi Business
to Customer (B2C) melalui Jaringan Elektronik
a)
Produk Digital, Produk dan jasa tertentu dapat dikirim kepada konsumen langsung
melalui internet. Contoh produk digital seperti lagu, film, perangkat lunak.
Produk dan jasa dapat langsung dikonsumsi setelah didownload.
b)
Produk Fisik, Produk dan jasa tertentu yang tidak dapat langsung dikonsumsi
melalui internet, tetapi harus dikirimkan kepada konsumen. Order penjualan dan
pembayaran dapat diterima melaui internet, setelah itu dilakukan pengiriman
kepada pembeli.
c)
Virtual kontra Penjualan Hybrid, Penjual Virtual adalah penjualan yang
dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki toko secara fisik. Penjual Hybrid
adalah penjualan yang dilakukan perusahaan yang memiliki toko secara fisik dan
juga memiki halaman Web untuk melakukan penjualan.
Contoh : Lazada,,Jd.id,BliBli
2) Business-to-Business (B2B)
Perdagangan
melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara
perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
a)
Melibatkan orang yang relative sedikit
b)
Orang-orang yang terlibat sangat terlatih dalam penggunaan system informasi dan
mengenal proses bisnis
Contoh : Ralali.com,Indonetwork,dan MBiz
Daftar
Pustaka
http://www.academia.edu/5332542/Makalah_PENGARUH_SISTEM_INFORMASI_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN
https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Kristiawan2/publication/326147438_INOVASI_PENDIDIKAN/links/5b3b3c634585150d23f2317b/INOVASI-PENDIDIKAN.pdf
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=definisi+inovasi&btnG=
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-inovasi/
https://salamadian.com/perkembangan-pengertian-teknologi/
https://www.osti.gov/biblio/6453401
http://www.academia.edu/5332542/Makalah_PENGARUH_SISTEM_INFORMASI_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/2246
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/viewFile/6/4
https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Kristiawan2/publication/326147438_INOVASI_PENDIDIKAN/links/5b3b3c634585150d23f2317b/INOVASI-PENDIDIKAN.pdf
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=definisi+inovasi&btnG=
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-inovasi/
https://salamadian.com/perkembangan-pengertian-teknologi/
https://www.osti.gov/biblio/6453401
http://www.academia.edu/5332542/Makalah_PENGARUH_SISTEM_INFORMASI_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JAP/article/view/2246
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/viewFile/6/4
Menyembunyikan folder
BalasHapus